Unsur-unsur
Manajemen
Unsur-unsur manajemen biasanya
dirumuskan dengan 6 M, yaitu:
1.
Men, tenaga kerja manusia, baik tenaga
kerja eksekutif maupun operatif.
2.
Money, uang yang dibutuhkan untuk
mencapai tujuan yang diinginkan.
3.
Methode, cara-cara yang dipergunakan dalam
usaha untuk mencapai tujuan.
4.
Materials, bahan-bahan yang diperlukan untuk
mencapai tujuan.
5.
Machines, mesin-mesin atau alat-alat yang diperlukan /dipergunakan untuk mencapai
tujuan.
6.
Market, pasar untuk menjual output dan jasa-jasa yang dihasilkan.
Tujuan-tujuan
Tujuan-tujuan hendaknya ditetapkan
secara logis, rasional, realistis dan ideal; berdasarkan fakta, data, kemampuan
serta potensi yang dimiliki; dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai sosial,
agama, moral serta peraturan-peraturan pemerintah; agar tujuan perusahaan yang
ditetapkan bermanfaat bagi masyarakat, cukup visibel untuk dicapai.
G.R. Terry mendefinisikan tujuan
perusahaan, “sesuatu tujuan manajerial adalah tujuan yang diinginkan yang
melukiskan skope yang jelas, serta memberikan arah kepada usaha-usaha seseorang
manjer”. Definisi ini mencakup empat pokok, yaitu: (1) tujuan, (2) skope, (3)
kepastian dan (4) arah. Tujuan harus
mencakup ke empat pokok tersebut, berikut perencanaan mengenai policies,
stretegies, procedures, methode, system, rules, intruction dan lain-lain
yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ada bermacam-macam tujuan,
tetapi disini kita batasi hanya dalam rangka manajemen saja, sesuai dengan
pokok tinjauan kita.
Pada dasarnya setiap tujuan adalah
rencana. Dan tujuan-tujuan organisasi, perusahaan atupun pemerintah dapat kita
lihat atau ditentukan pada Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga pada
Statuta atau Undang-undang Dasar. Tujuan-tujuan dapat ditinjau dari beberapa
segi, antara lain berdasarkan: tipe-tipenya,
prioritasnya, jangka waktunya, sifatnya, hirarkinya, bidangnya dan
menurut jiwanya. Pembagian tujuan berdasarkan sudut tinjauan seperti ini, dapat
kita lihat secara lebih jelas pada uraian berikut.
Menurut tipenya tujuan terbagi atas:
1.
Profit
objectives, bertujuan mendapatkan laba bagi pemiliknya.
2.
Service objectives, bertujuan memberikan pelayanan
yang baik bagi konsumen, artinya mempertinggi nilai barang dan jasa yang di
tawarkan kepada konsumen.
3.
Social objectives, mementingkan nilai guna yang
diciptakan perusahaan bagi kesejahtraan masyarakat.
4.
Personal objectives, menghendaki para pekerja secara individual economic, social psychlogical mendapat kepuasan dibidang pekerjaan dalam perusahaan.
Menurut prioritasnya, tujuan terbagi
atas:
1.
Sasaran primer;
2.
Sasaran
sekunder;
3.
Sasaran
individual;
4.
Sasaran
sosial.
Menurut jangka waktunya, tujuan
terbagi:
1.
Sasaran
jangka panjang;
2.
Sasarn
jangka menengah;
3.
Sasaran
jangka pendek.
Menurut bidangnya, tujuan terbagi
atas:
1.
Top
level objectives, tujuan-tujuan umum, menyeluruh, menyangkut berbagai
bidang sekaligus.
2.
Finance objectives, ialah tujuan-tujuan mengenai
modal.
3.
Production objectives, tujuan menyangkut produksi.
4.
Marketing objectives, tujuan-tujuan mengenai bidang
pemasaran.
5.
Office objectives, tujuan-tujuan mengenai bidang
ketatausahaan.
Menurut motifnya terbagi atas:
1.
Public objectives, tujuan-tujuan yang harus dicapai
karena ketentuan-ketentuan undang-undang negara.
2.
Organizational objectives, tujuan-tujuan yang harus dicapai
karena ketentuan-ketentuan organisasi yang tercantum dalam statuta, Anggaran
Dasar, Anggaran Rumah Tangga yang bersifat zakelijk
dan impersonal (tidak boleh berdasarkan pertimbangan
perasaan/selera pribadi dalam upaya pencapaiannya).
3.
Personal objectives, tujuan pribadi atau individual
(walaupun mungkin berhubungan dengan organisasi), yang dalam usaha pencapaian
nya sangat dipengaruhi oleh selera ataupun pandangan pribadi.
fungsi-fungsi
manajemen
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN MENURUT:
G.R TERRY
|
JOHN F. MEE
|
LOUIS A.
ALLEN
|
MC. NAMARA
|
1. PLANNING
|
PLANNING
|
PLANNING
|
PLANNING
|
2.
ORGANIZING
|
ORGANIZING
|
ORGANIZING
|
PROGRAMMING
|
3.
ACTUATING
|
MOTIVATING
|
CONTROLLING
|
BUDGETING
|
4.
CONTROLLING
|
CONTROLLING
|
|
SYSTEM
|
HENRY FAYOL
|
HAROLD
KOONTZ &
|
DR. S.P.
SIAGIAN
|
PROF. DRS.
OEY
|
|
CYRIL
O'DONNELL
|
|
LING LEE
|
1. PLANNING
|
PLANNING
|
PLANNING
|
PERENCANAAN
|
2.
ORGANIZING
|
ORGANIZING
|
ORGANIZING
|
PENGORGANISASIAN
|
3.
COMMANDING
|
STAFFING
|
MOTIVATING
|
PENGARAHAN
|
4. COORDINATING
|
DIRECTING
|
CONTROLLING
|
PENGKORDINASIAN
|
5.
CONTROLLING
|
CONTROLLING
|
EVALUATING
|
PENGONTRALAN
|
W.H. NEWMAN
|
LUTHER
GULLICK
|
LYNDALL F.
URWICK
|
JOHN D.
MILLET
|
1. PLANNING
|
PLANNING
|
FORECASTING
|
DIRECTING
|
2.
ORGANIZING
|
ORGANIZING
|
PLANNING
|
|
3. ASSEMBLING
|
STAFFING
|
ORGANIZING
|
FACILITATING
|
RESOURCES
|
|
||
4.
DIRECTING
|
DIRECTING
|
COMMANDING
|
|
5.
CONTROLLING
|
COORDINATING
|
COORDINATING
|
|
6.
------------------
|
REPORTING
|
CONTROLING
|
|
7.
------------------
|
BUDGETING
|
------------------------
|
|
Fungsi-fungsi
manajemen
Untuk mempermudah analisa, para ahli
mengemukakan bahwa manajemen terdiri dari beberapa fungsi fundamental. Agar
lebih jelas dan sebagai bahan perbandingan, kami mengutip pendapat beberapa
ahli seperti tabel di atas.
Robert Tanembaum mengemukakan bahwa pembagian fungsi-fungsi manajemen
oleh para ahli tidak sama karena :
1.
Kompleksnya
perusahaan karena jumlahnya sangat besar, maupun karena perkembangan lapangan
usaha dan organisasi yang berbeda-berbeda.
2.
Tidak
adanya persamaan terminologi diantara ratusan pengarang menyangkut konsep yang
sama.
3.
Pemakaian
kata-kata tanpa memperhatikan dengan serius arti dan nilainya.
4.
Oleh
masing-masing pengarang kurang diuraikan fungsi-fungsi manajemen lainnya.
5.
Kadang-kadang
di selipkan soal tekhnik, kemahiran diantara fungsi-fungsi manajer.
6.
Mencampuradukan
fungsi dan proses.
7.
Deskripsi
fungsi-fungsi sangat subyektif.
8.
Mencapuradukan
fungsi dan kegiatan pekerjaan.
Berdasarkan alasan-alasan di
atas, kita tidak perlu memperdebatkan pembagian fungsi-fungsi manajemen
tersebut. Yang lebih penting, perlu kita ketahui pengertian fungsi-fungsi dan
aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap fungsi fundamental
tersebut.
No comments:
Post a Comment