Sunday, December 2, 2012

unsur, tujuan dan fungsi manajemen


Unsur-unsur Manajemen

            Unsur-unsur manajemen biasanya dirumuskan dengan 6 M, yaitu:
1.      Men, tenaga kerja manusia, baik tenaga kerja eksekutif maupun operatif.
2.      Money, uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3.      Methode, cara-cara yang dipergunakan dalam usaha untuk mencapai tujuan.
4.      Materials, bahan-bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
5.      Machines, mesin-mesin atau alat-alat yang  diperlukan /dipergunakan untuk mencapai tujuan.
6.      Market, pasar untuk menjual output dan jasa-jasa yang dihasilkan.

Tujuan-tujuan

            Tujuan-tujuan hendaknya ditetapkan secara logis, rasional, realistis dan ideal; berdasarkan fakta, data, kemampuan serta potensi yang dimiliki; dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai sosial, agama, moral serta peraturan-peraturan pemerintah; agar tujuan perusahaan yang ditetapkan bermanfaat bagi masyarakat, cukup visibel untuk dicapai.
             G.R. Terry mendefinisikan tujuan perusahaan, “sesuatu tujuan manajerial adalah tujuan yang diinginkan yang melukiskan skope yang jelas, serta memberikan arah kepada usaha-usaha seseorang manjer”. Definisi ini mencakup empat pokok, yaitu: (1) tujuan, (2) skope, (3) kepastian dan (4) arah.  Tujuan harus mencakup ke empat pokok tersebut, berikut perencanaan mengenai  policies, stretegies, procedures, methode, system, rules, intruction dan lain-lain yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ada bermacam-macam tujuan, tetapi disini kita batasi hanya dalam rangka manajemen saja, sesuai dengan pokok tinjauan kita.
           Pada dasarnya setiap tujuan adalah rencana. Dan tujuan-tujuan organisasi, perusahaan atupun pemerintah dapat kita lihat atau ditentukan pada Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga pada Statuta atau Undang-undang Dasar. Tujuan-tujuan dapat ditinjau dari beberapa segi, antara lain berdasarkan: tipe-tipenya,  prioritasnya, jangka waktunya, sifatnya, hirarkinya, bidangnya dan menurut jiwanya. Pembagian tujuan berdasarkan sudut tinjauan seperti ini, dapat kita lihat secara lebih jelas pada uraian berikut.

           Menurut tipenya tujuan terbagi atas:
1.       Profit objectives, bertujuan mendapatkan laba bagi pemiliknya.
2.      Service objectives, bertujuan memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen, artinya mempertinggi nilai barang dan jasa yang di tawarkan kepada konsumen.
3.      Social objectives, mementingkan nilai guna yang diciptakan perusahaan bagi kesejahtraan masyarakat.
4.      Personal objectives, menghendaki para pekerja secara individual economic, social psychlogical  mendapat kepuasan dibidang pekerjaan dalam perusahaan.

           Menurut prioritasnya, tujuan terbagi atas:
1.       Sasaran primer;
2.      Sasaran sekunder;
3.      Sasaran individual;
4.      Sasaran sosial.

Menurut jangka waktunya, tujuan terbagi:
1.      Sasaran jangka panjang;
2.      Sasarn jangka menengah;
3.      Sasaran jangka pendek.



Menurut bidangnya, tujuan terbagi atas:
1.       Top level objectives, tujuan-tujuan umum, menyeluruh, menyangkut berbagai bidang sekaligus.
2.      Finance objectives, ialah tujuan-tujuan mengenai modal.
3.      Production objectives, tujuan menyangkut produksi.
4.      Marketing objectives, tujuan-tujuan mengenai bidang pemasaran.
5.      Office objectives, tujuan-tujuan mengenai bidang ketatausahaan.

Menurut motifnya terbagi atas:
1.      Public objectives, tujuan-tujuan yang harus dicapai karena ketentuan-ketentuan undang-undang negara.
2.      Organizational objectives, tujuan-tujuan yang harus dicapai karena ketentuan-ketentuan organisasi yang tercantum dalam statuta, Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga yang bersifat zakelijk dan impersonal  (tidak boleh berdasarkan pertimbangan perasaan/selera pribadi dalam upaya pencapaiannya).
3.      Personal objectives, tujuan pribadi atau individual (walaupun mungkin berhubungan dengan organisasi), yang dalam usaha pencapaian nya sangat dipengaruhi oleh selera ataupun pandangan pribadi.

fungsi-fungsi manajemen



FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN MENURUT:

G.R TERRY
JOHN F. MEE
LOUIS A. ALLEN
MC. NAMARA
1. PLANNING
PLANNING
PLANNING
PLANNING
2. ORGANIZING
ORGANIZING
ORGANIZING
PROGRAMMING
3. ACTUATING
MOTIVATING
CONTROLLING
BUDGETING
4. CONTROLLING
CONTROLLING

SYSTEM
HENRY FAYOL
HAROLD KOONTZ &
DR. S.P. SIAGIAN
PROF. DRS. OEY

CYRIL O'DONNELL

    LING LEE
1. PLANNING
PLANNING
PLANNING
PERENCANAAN
2. ORGANIZING
ORGANIZING
ORGANIZING
PENGORGANISASIAN
3. COMMANDING
STAFFING
MOTIVATING
PENGARAHAN
4. COORDINATING
DIRECTING
CONTROLLING
PENGKORDINASIAN
5. CONTROLLING
CONTROLLING
EVALUATING
PENGONTRALAN
W.H. NEWMAN
LUTHER GULLICK
LYNDALL F. URWICK
JOHN D. MILLET
1. PLANNING
PLANNING
FORECASTING
DIRECTING
2. ORGANIZING
ORGANIZING
PLANNING

3. ASSEMBLING
STAFFING
ORGANIZING
FACILITATING
     RESOURCES

4. DIRECTING
DIRECTING
COMMANDING

5. CONTROLLING
COORDINATING
COORDINATING

6. ------------------
REPORTING
CONTROLING

7. ------------------
BUDGETING
 ------------------------


Fungsi-fungsi manajemen

         Untuk mempermudah analisa, para ahli mengemukakan bahwa manajemen terdiri dari beberapa fungsi fundamental. Agar lebih jelas dan sebagai bahan perbandingan, kami mengutip pendapat beberapa ahli seperti tabel di atas.
         Robert Tanembaum mengemukakan bahwa pembagian fungsi-fungsi manajemen oleh para ahli tidak sama karena :
1.      Kompleksnya perusahaan karena jumlahnya sangat besar, maupun karena perkembangan lapangan usaha dan organisasi yang berbeda-berbeda.
2.      Tidak adanya persamaan terminologi diantara ratusan pengarang menyangkut konsep yang sama.
3.      Pemakaian kata-kata tanpa memperhatikan dengan serius arti dan nilainya.
4.      Oleh masing-masing pengarang kurang diuraikan fungsi-fungsi manajemen lainnya.
5.      Kadang-kadang di selipkan soal tekhnik, kemahiran diantara fungsi-fungsi manajer.
6.      Mencampuradukan fungsi dan proses.
7.      Deskripsi fungsi-fungsi sangat subyektif.
8.      Mencapuradukan fungsi dan kegiatan pekerjaan.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, kita tidak perlu memperdebatkan pembagian fungsi-fungsi manajemen tersebut. Yang lebih penting, perlu kita ketahui pengertian fungsi-fungsi dan aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap fungsi fundamental tersebut.

No comments:

Post a Comment