Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur.
Dalam hal mengatur, akan timbul masalah, problem, proses, dan pertanyaan
tntang apa diatur, siapa yang mengatur, mengapa harus diatur dan apa tujuan
pengaturan tersebut. Manajemen juga menganalisa, menetapkan tujuan/sasaran
serta mendeterminasi tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban secara baik, efektif
dan efisian.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di
atas, kita perlu mempelajari, mendalami, menghayati serta memperkembangkan/
mempraktekan manajemen dengan baik. Pengertian manajemen dapat lebih jelas kita
ketahui dengan mempelajari beberapa definisi yang dikemukakan para ahli seperti
di bawah ini.
1.
Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan
tertentu (penulis).
2.
Menurut
G.R. Terry dalam bukunya “principles of
Manajement” (Homewood Illinois, Sixth edition, Richard Irwin, Inc., 1972): Manajemen is a distinct process consisting
of planning, organizing, actuating, and controlling performed to determine and
accomplish stated objectives by the use of human being and other resources.
Manajemen merupakan suatu proses
yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan/pengorganisasian,
menggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk memntukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia
dan sumber-sumber lainya.
3.
Menurut
Patterson dan E.G. Plowman “Business
Organization ang manajement” (fifth edition, Homewood): Mnajement can be defined as a technique by
mean of which the purpose and objectives of particular human group are
determined, clarified and effectuated. Manajemen dapat didefinisikan
sebagai suatu tekhnik, maksud dan tujaun dari keleompok manusia tertentu yang
ditetapkan, dijelaskan, dan dijalankan.
4.
Harold
Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya: “Principles
of Manajement, An Analyses of Manajement Functions” (secong edition, Asian student
edition, McGraw-Hill Company, Inc., Kogakusha Company, Ltd. Tokyo), memberikan
batasan sebagai berikut: Manaj ement is
getting things done through people. In bringing about this coordinating of
group activity, the manajer, as a
manajer plans, organizes, staffs, direct and control the activities other
people”. Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui
kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas
sejumlah aktifitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
penempatan, penggerakan dan pengendalian.
5.
Menurut
Ralph Currier Davis dalam bukunya “The
Fundamentals of Top Manajemen” (Harper Brother Publisher, New York,
Kogakusha Company, Ltd. Tokyo ): Mnanajement
is the function of executive leadership anywhere. Manajemen adalah fungsi
dari pimpinan eksekutif , dimanapun posisinya.
6.
John
D. Millet dalam bukunya: “Manajement in
the Public Service” mengatakan: “Manajement
is the process directing and facilitating the work of people organized in
formal group to achieve a desired end”. Manajemen adalah pproses
pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang
terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai suatu tujuan yang
dikehendaki.
7.
Menurut
“Encyclopedia of Social
Sciences”,Manajement may be defined as the process, by which the execution of
given purpose is put into operating and supervised. Manajemen dapat
didefinisikan sebagai suatu proses pelaksanaan suatu tujuan yang direalisasikan
dan diawasi.
Jika definisi-definisi diatas
diperhatikan, memang ada perbedaan, tetapi pada dasarnya para penulis
mengemukakan inti masalah yang sama. Perbedaannya hanya bersifat gradual saja
dan disebabkan oleh perbedaan latar
belakang penulis, keadaan dan sudut penalaran yang dilakukan.
Kesimpulan yang dapat kita tarik dari
semua definisi diatas adalah sebagai berikut :
1.
Manajemen
adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
2.
Manajemen
adalah proses yang sistematis, terkoordinasi dan koperatif dalam usaha-usaha
memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya.
3.
Manajemen
mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidak nya tujuan itu tergantung pada
kemampuan mempergunakan segala potensi yang ada.
4.
Manajeman
hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerja sama secara formal
serta mempunyai tujuan yang sama pula.
5.
Manajemen
hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
6.
Dalam
manajemen, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat dominan.
7.
Manajemen
merupakan sistem kerja sama yang koperatif dan rasional.
8.
Manajemen
didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur.
No comments:
Post a Comment