Sunday, December 2, 2012

pengertian manajemen



           Manajemen  berasal dari kata to manage yang berarti mengatur. Dalam hal mengatur, akan timbul masalah, problem, proses, dan pertanyaan tntang apa diatur, siapa yang mengatur, mengapa harus diatur dan apa tujuan pengaturan tersebut. Manajemen juga menganalisa, menetapkan tujuan/sasaran serta mendeterminasi tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban secara baik, efektif dan efisian.
       Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kita perlu mempelajari, mendalami, menghayati serta memperkembangkan/ mempraktekan manajemen dengan baik. Pengertian manajemen dapat lebih jelas kita ketahui dengan mempelajari beberapa definisi yang dikemukakan para ahli seperti di bawah ini.
1.      Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu (penulis).

2.      Menurut G.R. Terry dalam bukunya “principles of Manajement” (Homewood Illinois, Sixth edition, Richard Irwin, Inc., 1972): Manajemen is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources.
Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan/pengorganisasian, menggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk memntukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya.

3.      Menurut Patterson dan E.G. Plowman “Business Organization ang manajement” (fifth edition, Homewood): Mnajement can be defined as a technique by mean of which the purpose and objectives of particular human group are determined, clarified and effectuated. Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu tekhnik, maksud dan tujaun dari keleompok manusia tertentu yang ditetapkan, dijelaskan, dan dijalankan.

4.      Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya: “Principles of Manajement, An Analyses of Manajement Functions” (secong edition, Asian student edition, McGraw-Hill Company, Inc., Kogakusha Company, Ltd. Tokyo), memberikan batasan sebagai berikut: Manaj ement is getting things done through people. In bringing about this coordinating of group activity, the manajer, as  a manajer plans, organizes, staffs, direct and control the activities other people”. Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktifitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, penggerakan dan pengendalian.

5.      Menurut Ralph Currier Davis dalam bukunya “The Fundamentals of Top Manajemen” (Harper Brother Publisher, New York, Kogakusha Company, Ltd. Tokyo ): Mnanajement is the function of executive leadership anywhere. Manajemen adalah fungsi dari pimpinan eksekutif , dimanapun posisinya.

6.      John D. Millet dalam bukunya: “Manajement in the Public Service” mengatakan: “Manajement is the process directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired end”. Manajemen adalah pproses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki.

7.      Menurut “Encyclopedia of Social Sciences”,Manajement may be defined as the process, by which the execution of given purpose is put into operating and supervised. Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu proses pelaksanaan suatu tujuan yang direalisasikan dan diawasi.

          Jika definisi-definisi diatas diperhatikan, memang ada perbedaan, tetapi pada dasarnya para penulis mengemukakan inti masalah yang sama. Perbedaannya hanya bersifat gradual saja dan disebabkan oleh perbedaan latar  belakang penulis, keadaan dan sudut penalaran yang dilakukan.

          Kesimpulan yang dapat kita tarik dari semua definisi diatas adalah sebagai berikut :
1.      Manajemen adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
2.      Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi dan koperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya.
3.      Manajemen mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidak nya tujuan itu tergantung pada kemampuan mempergunakan segala potensi yang ada.
4.      Manajeman hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerja sama secara formal serta mempunyai tujuan yang sama pula.
5.      Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
6.      Dalam manajemen, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat dominan.
7.      Manajemen merupakan sistem kerja sama yang koperatif dan rasional.
8.      Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur.

No comments:

Post a Comment